01 Agustus 2012

Manfaat Bacaan Istighfar

Ada sebuah cerita yang mengisahkan amalan yang paling bermanfaat di akhirat yakni  diceritakan Maisarah bin Kunais, suatu hari pergi ke kuburan. Sebagaimana etika memasuki pemakaman, ia pun mengucapkan salam dan memanjatkan doa, “Assalamualaikum wahai ahli kubur. Kalian telah mendahului kami dan InsyaAllah kami juga akan menyusul kalian. Semoga Allah SWT merahmati kita semua dan mengampuni dosa-dosa kita.”

Pada saat itu Allah SWT berkehendak mengembalikan ruh ke salah seorang penghuni kubur. Si ahli kubur tersebut menjawab salam Maisarah bin Kunais. “Berbahagialah wahai penghuni dunia, kemuliaan terlimpahkan padamu. 

Dalam sebulan kalian dapat menunaikan ibadah haji sebanyak empat kali.”
“Bagaimana mungkin kami berhaji empat kali dalam sebulan?” Tanya Maisarah bin Kunais.

“Jumat.”  Jawab ahli kubur. “Tidak tahukah kalian bahwa ibadah jumat adalah haji mabrur?”

“Amalan apa yang paling bermanfaat di akhirat?” Tanya Maisarah bin Kunais.

“Istighfar (bacaan : Astaghfirullahalaziim artinya aku mohon ampun kepada Tuhan Yang Maha Agung).”

“Apakah salam yang kami ucapkan bisa sampai?” Tanya Maisarah bin Kunais lagi.

“Salam itu baik, tetapi amal telah berlalu bagi kami. Jadi kebaikan kami tidak akan bertambah dan kejelekan kami juga tidak akan berkurang. Sekalipun demikian kami suka mendengar ucapan-ucapan baik dari kalian.”

Jadi mulai saat ini biasakanlah diri untuk mengucapkan bacaan istighfar daripada kata-kata yang tidak baik dan tidak enak didengar oleh telinga kita. Sekian, Terimakasih.
Wassalam

0 komentar: